Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Bedanya Domain, Server, dan Hosting?

Apa Bedanya Domain, Server, dan Hosting

Domain

Domain adalah nama yang diatur oleh badan regulasi domain dunia. Nama domain ini mengarahkan ke alamat IP server hosting. Domain adalah "nama" dari sebuah website.

Tanpa domain, bagaimana orang bisa menemukan dan mengunjungi website? Oleh karena itu, setiap website memerlukan domain.

Terdapat beberapa jenis domain, yaitu top-level domain (TLD), second-level domain, dan third-level domain.

Contoh domain: www.pandi.id

Dalam contoh di atas, "id" adalah top-level domain, dan "pandi" adalah second-level domain.

Hosting

Hosting adalah tempat penyimpanan data atau file komputer, yang biasanya disebut sebagai server. Di sini, disimpan berbagai jenis file seperti gambar, video, audio, dan lainnya.

File-file ini disimpan dalam server hosting, tempat data tersebut kemudian ditampilkan oleh server pada web client (browser) seperti Chrome, Mozilla, Safari, dan Opera.

Agar website dapat diakses 24 jam, server hosting harus memiliki koneksi internet yang cepat. Jika tidak, server akan down dan website tidak dapat diakses.

Server

Server adalah sistem komputer yang menyediakan layanan khusus dalam jaringan komputer. Server memiliki perangkat keras dan lunak yang berfungsi memberikan data kepada web client (browser) untuk menampilkan halaman website.

Perangkat keras server terdiri dari prosesor dan RAM yang menjalankan sistem operasi yang disebut network operating system.

Selain itu, server menggunakan perangkat lunak seperti Apache, Apache Tomcat, Microsoft Windows Server 2008 IIS (Internet Information Services), Nginx, Zeus, dan Sun Java System untuk mengontrol akses file-file dalam sebuah website.

Secara umum, server merespons permintaan dari client, yang dalam hal ini adalah browser seperti Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, Safari, dan lainnya. Ketika pengguna mengetik alamat website, server akan mengirimkan isi website ke halaman browser untuk ditampilkan.

Posting Komentar untuk "Apa Bedanya Domain, Server, dan Hosting?"